Pelaksanaan IHT Kurikulum 2013 Revisi 2017

SMK Bina Banua Banjarmasin – Hari Jum’at dan Sabtu, 5-6 Agustus 2017 dilaksanakan Kegiatan In House Training (IHT) tentang Kurikulum 2013 Revisi 2017 di SMK Bina Banua Banjarmasin.

Pada sesi pembukaan IHT dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Bina Banua, Drs. H. Gerilyansyah Basrindu, P.Hd dan Pengawas Sekolah, Drs. Johnny Manurung, M.M yang dalam sambutannya sama-sama menekankan guru harus bisa meng-update atau mempebaharui informasi sesuai kompetensi keahlian yang dimilikinya agar bisa mengembangkan materi yang diberikan ke siswa untuk melahirkan lulusan SMK yang siap kerja dan berkualitas.

Kegiatan IHT ini juga dilaksanakan pada tahun sebelumnya untuk selalu meng-update informasi terkait kurikulum, dan seiring dengan perubahan dalam revisi 2017 ini maka Kurikulum 2013 mengalami banyak perkembangan dalam hal Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi yang menyesuaikan perkembangan zaman bahkan ada program keahlian yang namanya berubah sesuai tuntutan keperluan industri dan dunia usaha.

Instruktur IHT 2017 di SMK Bina Banua Banjarmasin merupakan salah satu Instruktur Nasional untuk Kurikulum 2013 yang berasal dari SMK Negeri 1 Banjarmasin, yaitu Ibu Dra. Hj. Rifqoh yang sangat berpengelaman dan kompeten dalam bidang kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Para guru yang mengikuti IHT selama dua hari ini terdiri dari guru tetap yayasan maupun juga honorer yang sangat antusias memperhatikan yang dijelaskan oleh narasumber karena banyak hal baru yang diketahui terkait revisi kurikulum.

Dalam IHT ini materi yang disampaikan selain menekankan pada pembuatan perangkat dari Prota, Prosem, Analisis SKL KI/KD dan juga RPP juga diuraikan pentingnya seorang guru dalam meng-update informasi karena guru SMK bisa mengembangkan bahan ajarnnya dan tidak cuma terbatas sesuai materi dari KI/KD dari pemerintah.

Kegiatan dari hari pertama hingga hari kedua berjalan dengan baik dan lancar, para peserta IHT merasakan tercerahkan dengan adanya kegiatan ini dalam hal pengembangan pelajaran yang diampunya dan berharap bisa mengajar lebih baik lagi ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *