Home / Berita / Pelaksanaan Sertifikasi Sektor (PSS) Pertama Di LSP P-1 SMK Bina Banua Banjarmasin

Pelaksanaan Sertifikasi Sektor (PSS) Pertama Di LSP P-1 SMK Bina Banua Banjarmasin

SMK Bina Banua Banjarmasin – Lembaga Sertifikasi profesi (LSP) P-1 SMK Bina Banua akhirnya memulai rangkaian Pelaksanaan Sertifikasi Sektor (PSS) setelah melalui berbagai persiapan dengan dukungan Kepala SMK Bina Banua Banjarmasin Bapak Iwan Setiawan, S.Sos, MA.

Untuk yang pertama melakukan PSS adalah Program Keahlian TKJ dengan menggunakan Skema KKNI II Teknik Komputer dan Jaringan untuk Klaster Pertama yaitu Klaster Jaringan Komputer Berbasis Kabel.

Selama 4 hari siswa-siswi TKJ Kelas XII mulai hari Selasa s.d. Jum’at dari tanggal 26 Februari – 1 Maret 2019, sebelumnya pada hari Senin tanggal 25 Februari dilakukan Pra-Asesmen.

Dalam proses Pra-Asesmen siswa-siswi TKJ Kelas XII melakukan rangkaian pendaftaran melalui web lsp.smkbinabanua.sch.id yang apabila berhasil akan diverifikasi setelah itu akan mendapatkan username dan password yang langsung dikirim ke HP mereka masing-masing sesuai nomor yang diisikan pada proses registrasi.

Pada Pelaksanaan Sertifikasi Sektor (PSS) atau proses Asesmen yang dimulai dari Selasa s.d. Jum’at yang melakukan penilaian adalah Asesor yang terdiri dari 2 orang.

Asesor yang memberikan penilaian pada Klaster Jaringan Komputer Berbasis Kabel pada Skema KKNI II Teknik Komputer dan Jaringan adalah Bapak M. Rizal, S.Sos dan Bapak Moch. Faizal Adam, S.Kom.

Penjadwalan pelaksanaan menjadi 4 hari dikarenakan dalam aturan BNSP bahwa seorang Asesor hanya bisa meng-asesi dalam satu hari cuma 10 orang. Oleh karenanya dengan jumlah siswa-siswi TKJ yang berjumlah 65 orang dibuatkan jadwal pelaksanaan asesmen menjadi 4 hari.

Rangkaian PSS atau proses Asesmen selama 4 hari yang dilalui oleh siswa-siswi TKJ terdiri dari 2 sesi, pada sesi pertama mereka menjawab soal tertulis dan praktek. Diantara sesi ada waktu istirahat untuk siswa-siswi.

Dalam 4 hari pelaksanaan pelaksanaan Asesmen di TUK TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin, berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti sehingga memudahkan siswa-siswi TKJ untuk melanjutkan pada Asesmen untuk Klaster kedua dan ketiga nantinya.

Adapun untuk kelanjutan Asesmen siswa-siswi TKJ untuk mengikuti PSS pada Klaster kedua dan ketiga nantinya akan dilaksanakan pada bulan April atau setelah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pada bulan April 2019 nanti yang akan melaksanakan PSS atau Asesmen tidak cuma jurusan TKJ, tetapi juga Akuntansi dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Check Also

Pelaksanaan MPLS Tahun 2019 Di SMK Bina Banua Banjarmasin

SMK Bina Banua Banjarmasin – Kegiatan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) untuk siswa-siswi baru SMK Bina …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *