UNBK 2017 Berlangsung Sukses dan Lancar di SMK Bina Banua Banjarmasin

SMK Bina Banua Banjarmasin – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 3 s.d. 6 April 2017.

Siswa-siswi SMK Bina Banua Banjarmasin yang mengikuti UNBK tercatat sebanyak 232 orang dan mengundurkan diri 2 orang jadi yang hadir dan mengikuti ujian sebanyak 230 orang.

UNBK 2017 ini merupakan UNBK kedua yang diikuti SMK Bina Banua Banjarmasin, setelah sebelumnya tahun 2016 juga ikut melaksanakan dan mensuksesan berlangsungnya UNBK.

Adapun UNBK tahun 2017 ini, SMK Bina Banua Banjarmasin nampak lebih matang persiapannya karena melihat pengalaman pada tahun 2016 yang lalu.

Kendala yang dihadapi pun terbatas pada hal teknis yang berasal dari Puspendik pusat yang merupakan pusat server UNBK di semua sekolah yang melaksanakan UNBK.

Pengawas silang yang bertugas di SMK Bina Banua Banjarmasin adalah guru dari SMK Negeri 3 Banjarmasin sebanyak 16 orang untuk 4 hari yang dibagi 4 guru perhari.

Para pengawas ini membantu proktor ruangan yang bertugas terkait pengedaran absen dan mengkondisikan ketertiban ujian berlangsung. Tak terlepas kesiapan teknisi dan proktor utama mengkontrol jika ada masalah teknis yang muncul dan mengganggu siswa dalam ujian hingga bisa kembali mengikuti ujian dengan lancar.

Pada tahun 2017 ini, SMK di Kalimantan Selatan semuanya melaksanakan UNBK, ini berarti SMK se-Kalsel tidak melaksanakan ujian nasional menggunakan kertas (based paper).

Pada hari pertama UNBK, SMK Bina Banua Banjarmasin kedatangan tamu dari Inspektorat Pendidikan Pusat didampingi oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi yang memantau dan melihat keberlangsungan UNBK yang dilaksanakan di SMK Bina Banua Banjarmasin.

Masalah yang muncul yang dirasakan dalam UNBK pada hari keempat atau hari terakhir pada mata pelajaran kompetensi jurusan. Adapun yang sangat merasakan masalah yang muncul ini adalah pada program keahlian persiapan grafika, masalah yang muncul adalah tidak munculnya soal lebih dari 20 soal dari 40 soal yang diujikan untuk matpek tes kejuruan.

Sesuai instruksi pusat, bahwa bagi siswa yang mengalami tidak munculnya soal lebih dari 10 soal maka akan diikutkan pada ujian susulan pada minggu ketiga April 2017 ini.

Sebelumnya juga muncul beberapa masalah kecil tapi bisa langsung dilaporkan ke pusat dengan mengisi form laporan permasalahan di soal yang dihadapi siswa.

Secara keseluruhan UNBK tahun pelajaran 2016/2017 di SMK Bina Banua Banjarmasin berlangsung dengan lancar, aman dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *