Home / Berita / Workshop Peningkatan Mutu Penilaian Tahun 2019 Di SMK Bina Banua Banjarmasin

Workshop Peningkatan Mutu Penilaian Tahun 2019 Di SMK Bina Banua Banjarmasin

SMK Bina Banua Banjarmasin – Pada tahun 2019 ini SMK Bina Banua Banjarmasin mendapatkan kepercayaan mengadakan Workshop Peningkatan Mutu Penilaian Tahun 2019 dengan didanai oleh Dinas Pendidikan.

Bantuan dana workshop yang dilaksanakan di SMK Bina Banua Banjarmasin tahun ini dikhususkan pesertanya untuk guru-guru produktif sebanyak 24 orang.

Kepala SMK Bina Banua Banjarmasin Bapak Iwan Setiawan, S.Sos, MA pada pembukaan kegiatan workshop peningkatan mutu penilaian tahun 2019 ini dalam sambutannya mengharapkan guru-guru produktif yang diberikan amanah dalam mengikuti workshop ini bisa mendapatkan pengetahuan yang luas sehingga bisa meningkatkan proses pembelajaran karena materi yang disampaikan nanti berfokus pada pembelajaran berbasis HOTS.

Workshop peningkatan mutu pendidikan tahun 2019 di SMK Bina Banua dibuka oleh Kabid SMK Dinas Pendidikan Prov. Kalimantan Selatan Bapak Drs. H. Syamsuri, MA. Beliau berpesan dengan diadakannya workshop ini diharapkan kualitas guru semakin meningkat dalam memberikan bekal pengetahuan yang terbaik untuk peserta didik, apalagi SMK dikenal sebagi sekolah yang mempersiapkan lulusan yang siap kerja.

Para peserta dari guru-guru produktif 6 program keahlian di SMK Bina Banua Banjarmasin mengikuti kegiatan workshop ini selama 5 hari dari tanggal 22 s.d. 26 Oktober 2019 di SMK Bina Banua Banjarmasin.

Instruktur workshop peningkatan mutu penilaian tahun 2019 di SMK Bina Banua Banjarmasin adalah salah satu instruktur nasional dari LPMP Kalsel yaitu Bapak Drs. H. Anshory Akhmad dengan fokus materi yang disampaikan adalah pembelajaran berbasis HOTS.

Bapak Anshory menekankan guru-guru harus bisa berpikir luas sehingga dalam perancangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau memiliki keterampilan tingkat tinggi tidak semua materi bisa digunakan metode ini. Oleh karenanya, guru harus bisa menentukan model pembelajaran yang tepat (Teaching Factory, Discovery Learning, Problem Based Learning atau Project Based Learning) sehingga pelajaran yang diterima siswa akan sesuai kompetensi yang diajarkan kepada mereka.

Instruktur memberikan materi dan memberikan bimbingan dalam penyempurnaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama 3 hari dari tanggal 22 s.d. 24 Oktober 2019. Adapun 2 harinya yaitu tanggal 25 s.d. 26 Oktober 2019 peserta mengerjakan penugasan yang diberikan untuk menyempurnakan RPP secara menyeluruh dan hasil penugasan terkait RPP yang berbasis HOTS akan dikumpulan ke Dinas Pendidikan Prov. Kalsel.

Peserta workshop dalam hal ini para guru-guru produktif SMK Bina Banua banjarmasin mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang menarik dalam penyempurnaan dan perbaikan RPP mereka, karena sebelumnya masih kurangnya pengetahuan terkait kata kerja taksonomi yang merupakan kunci dalam menentukan ranah klasifikasi kognitif dan psikomotorik dalam pembuatan RPP berbasis HOTS.

Check Also

Sehari Belajar Di Luar Kelas SMK Bina Banua Banjarmasin

SMK Bina Banua Banjarmasin – Pada hari Kamis tanggal 7 November 2019 suasana sekolah nampak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *