SEKILAS INFO
: - Tuesday, 30-04-2024
  • 1 minggu yang lalu / Selamat Hari Kartini Tahun 2024 untuk seluruh perempuan Indonesia, mari terus berkarya dan mengobarkan semangat perjuangan Kartini untuk meraih mimpi.
  • 2 minggu yang lalu / Keluarga Besar SMK Bina Banua Banjarmasin mengucapkan: “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H” Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim – Mohon Ma’af Lahir dan Bathin.
  • 1 bulan yang lalu / Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1445 H. – Semoga Kita Mendapatkan Kekuatan Dan Keikhlasan Hati Dalam Memaksimalkan Beribadah di Bulan Penuh Berkah ini. Aamiin

Dalam rangka turut serta membantu pemerintah dalam memajukan kesejahteraan rakyat khusus di bidang pendidikan kejuruan, maka beberapa Mahasiswa Tingkat Doktoral Jurusan Ekonomi Perusahaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unlam berinisiatif dan mengambil prakarsa untuk mendirikan Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Atas (SMEA) Bina Banua.

Berdasarkan Hasil Rapat Pemrakarsa Berdirinya SMEA Bina Banua Banjarmasin tanggal 16 Mei 1978 bertempat di rumah Bapak Djahrani Mulyadi, BBA, Komplek Kebun Bunga Jl. Melati Ujung No.44 Banjarmasin, dengan Pemrakarsa/Pengundang yaitu: (1) Gerilyansyah Basrindu, BA; (2) Djahrani Mulyadi, BBA; dan (3) H. Mas’ud Baderi, BBA. Mahasiswa lainnya hadir dan berpartisipasi aktif adalah (1) M. Yahya, BA (2) Djarkasi Husmana, BA (3) Umar Hamdan, BA dan (4) Suparmono, BA.

Rapat sepakat membentuk Panitia Pendiri SMEA Bina Banua mulai tahun 1979 dengan susunan pendiri sebagai berikut:

1. Ketua                         :  Gerilyansyah Basrindu, BA

2. Sekretaris                 :  H. Mas’ud Baderi, BA

3. Bendahara                :  H. Djahrani Mulyadi, BBA

4. Pembantu Umum     : M. Yahya, BA, Djarkasi Humana, BA, Umar Hamdan, BA, dan Suparmono, BA

Yayasan Pendidikan Bina Banua sebagai Badan Hukum Pengelola SMEA Bina Banua telah menetapkan berdirinya SMEA Bina Banua Banjarmasin pada tanggal 23 Mei 1979 sesuai SK No: SKEP-017/YPBB/V/E.1979 tertanggal 23 Mei 1979. Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan atas nama Pemerintah telah memberikan ijin untuk pendirian SMEA Bina Banua Banjarmasin sebagai Lembaga Pendidikan Kejuruan Swasta dari Yayasan Pendidikan Bina Banua dengan No: KEP.07/115.1/I.1979 tertanggal 23 Mei 1979, dimana Izin penyelenggaraan tersebut secara resmi mulai berlaku terhitung tanggal 1 Juni 1979. Dengan demikian Hari Ulang Tahun SMEA Bina Banua diperingati adalah setiap tanggal 1 Juni.

Sebagai Kepala SMEA Bina Banua yang pertama adalah Drs. M. Yahya.

Demikian sejarah awal berdirinya SMEA Bina Banua sebagai dokumen kelembagaan yang kemudian sesuai dengan kebijakan Pemerintah berubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Banua.

About SMK Bina Banua

SMK Bina Banua Banjarmasin merupakan salah satu SMK swasta yang berdiri telah lama di kota Banjarmasin. SMK yang memiliki jurusan teknik dan non-teknik. Sesuai dengan tujuan SMK agar menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Terbaik Se-Kalimantan, maka lulusannya diberi bekal pengetahuan dan skill yang kompeten sesuai jurusannya.
Alamat: Jl. Pramuka Km.6 No.17 Banjarmasin
Telp. 0511-3254556
Email: smkbinabanua@gmail.com