Suasana Penerimaan Peserta Didik Baru 2017 Di SMK Bina Banua Banjarmasin

SMK Bina Banua Banjarmasin – Kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2017-2018 di SMK Bina Banua Banjarmasin sudah dibuka mulai 1 Mei 2017 dan akan berakhir pada tanggal 30 Juni 2017.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, para pendaftar untuk tanggal awal-awal pendaftaran masih satu dua orang saja yang datang karena menunggu pendaftaran sekolah negeri baik SMK maupun SMK. Tetapi kenyataannya pada tahun ini di luar perkiraan semua pihak, sekolah negeri pun ada yang masih kosong dan justru peminatnya banyak orang tua memasukkan ke sekolah swasta seperti terlihat di SMK Bina Banua Banjarmasin.

Peminat membludak mendaftar di SMK Bina Banua Banjarmasin setelah diumumkannya kelulusan pendaftaran di sekolah-sekolah negeri dan ternyata para orang tua yang merasa tidak sreg dengan pilihan jurusan anaknya ketika mendaftar di sekolah negeri melalui PPDB Online (ketika mendaftar dihadapkan dengan tiga pilihan sekolah, 2 sekolah negeri dan 1 sekolah swasta yang terdaftar di PPDB Online) banyak beralih ke SMK swasta yang memiliki jurusan yang menawarkan keunggulan-keunggulan untuk masa depan anaknya.

SMK Bina Banua Banjarmasin memiliki 6 program keahlian yang memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri, yaitu Akuntansi, Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Teknik dan Jaringan Komputer, Desain Grafika dan Broadcasting (Pertelevisian). Kuota dari masing-masing program keahlian yang disediakan sebanyak 35 orang per-kelas.

Kepala SMK Bina Banua Banjarmasin, Iwan Setiawan, S.Sos, MA optimis target kuota bisa terpenuhi mengingat tahun kemarin pun bisa mencapai pendaftar yang sesuai target.

Tidak meratanya daya serap sekolah-sekolah tahun ini disebabkan adanya peraturan dari Dinas Pendidikan tentang sistem rayon yang menyebabkan para orang tua merasa dirugikan karena tidak bisa masuk sekolah negeri yang diinginkannya dan juga efek dari masuk ke jurusan yang tidak sesuai keinginan atau sekolah yang bukan prioritas menyebabkan orang tua mencabut berkas dalam pendaftaran di sekolah padahal anaknya sudah diterima menurut peringkat rangking nilai.

SMK Bina Banua Banjarmasin tidak terlalu merasakan efeknya karena sesuai yang disampaikan Kepala Sekolah kita harus bisa menunjukkan kualitas dan nilai jual program keahlian serta apa yang bisa didapat jika mereka bersekolah di SMK Bina Banua Banjarmasin.

Sebelum dilaksanakan penerimaan peserta didik baru, sudah dilakukan promosi ke SMP dan MTs terdekat yang masuk dalam langganan siswa-siswanya yang masuk ke SMK Bina Banua Banjarmasin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *